Senin, 11 Juni 2012

Lancar Kerjakan Ujian Tulis SNMPTN, Ini Triknya

BERSAING dengan ratusan ribu orang dari berbagai penjuru Nusantara tentu membuat siapa pun grogi. Apalagi ketika persaingan tersebut demi memperebutkan jatah kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit.

Menyadari hal tersebut, para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis tentu menjadi sangat gugup. Bahkan tidak jarang semua materi pelajaran yang sudah disiapkan selama ini buyar seketika.

Untuk menghindari atau meminimalisasi kejadian tersebut, berikut beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan.

Tenang
Begitu soal ujian dibagikan, tidak jarang sebagian besar peserta merasa gugup, bahkan panik. Rasa gugup dan panik yang berlebihan sangat mungkin membuyarkan semua materi yang telah kamu siapkan. Buatlah dirimu sesantai mungkin, anggap saja saat itu kamu sedang melakukan try out di bimbingan belajar.

Konsenterasi
Berbagai latihan soal maupun try out pasti menggunakan bentuk soal yang tidak jauh berbeda. Maka, jaga pikiranmu untuk tetap fokus terhadap soal-soal tersebut karena ada batas waktu yang telah ditetapkan.

Teliti
Rasa gugup maupun rasa penasaran yang begitu kuat untuk segera mengerjakan soal-soal ujian tulis SNMPTN terkadang membuatmu terburu-buru dalam mengisi biodata. Padahal pengisian identitas diri sama pentingnya dengan jawaban soal-soal tersebut. Maka, pastikan sekali lagi kamu telah mengisi identitas diri dengan tepat. Jangan sampai ada yang salah atau terlewat.

Percaya diri
Percayalah akan kemampuan diri dan segala hal yang telah kamu persiapkan sejak jauh hari. Tidak perlu tergoda untuk mencari jawaban dari peserta lain karena tidak berbeda dengan Ujian Nasional (UN), jalur tulis SNMPTN 2012 pun menggunakan lima tipe soal berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama.

Datang tepat waktu
Persiapkan diri sejak sehari sebelum hari H. Mulai dari alat tulis, kartu peserta, hingga baju yang akan kamu kenakan. Pastikan kamu memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dengan jarak tempuh menuju tempat ujian. Datanglah ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum waktu pelaksanaan ujian. Karena ketika terlambat, kamu akan merasa terburu-buru, panik, dan kehilangan konsenterasi.

Sarapan
Berpikir membutuhkan kinerja maksimal dari otak. Untuk itu, kamu perlu memberikan asupan gizi yang baik bagi otak sebelum memulai aktivitas yang berat. 
sumber : http://kampus.okezone.com/read/2012/06/10/417/644700/lancar-kerjakan-ujian-tulis-snmptn-ini-triknya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar